Senin, 26 Mei 2014

CONTOH PROTA DAN PROSEM



PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran            : Khulasoh Nurul Yaqin
Pokok Bahasan           : Sirah Nabi Muhammad SAW
Kelas/Semester            : VIII/2
Tahun Pembelajaran    : 2013-2014
Standar Kompetensi   : 1. Pengetahuan siswa terhadap Kehidupan Rasul serta dapat mengambil Intisari dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
Semester
No.
Kompetensi Dasar
Waktu
Keterangan










I

1

2

3

4




5

6

7
Menjelaskan pengertian Tarikh Islam
Menjelaskan tujuan dan manfaat  mempelajari Tarikh Islam
Mengidentifikasi bentuk /wujud dari Kehidupan Rasul
Mendiskripsikan kehidupan Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian , kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
Mendiskripsikan keturunan Nabi Muhammad
Menelaah Pendidikan Nabi dari masa kecil
Mendistkripsikan sejarah perjalanan Nabi
2 Jam

2 Jam

2 Jam

2 Jam




2 Jam

2 Jam

2 Jam
4 Indikator


Jumlah KD : 7
14 jam

semester
No
Kompetensi Dasar
Waktu
Keterangan










II
1

2

3

4

5
6
7
8
9
Menjelaskan perjalanan pertama nabi sebelum Kenabian
Menjelaskan kehidupan keluarga Nabi Muhammad SAW
Mengidentifikasi bentuk /wujud kebudayaan Islam
Mendiskripsikan kehidupan Nabi Muhammad sebelum Kenabian
Mengambil ibrah dari misi Nabi
Meneladani Perjuangan Nabi
Mendiskripsikan sejarah Nabi
Mengambil Ibrah
Menelaah dari semangat perjuangan Nabi dan para sahabat Nabi di Madinah
2 jam

2 Jam

2 Jam

2 Jam




2 Jam
2 Jam
2 Jam
2 Jam
2 Jam
7 Indikator


Jumlah KD : 9
18 jam




PROGRAM SEMESTER II
Mata Pelajaran                        : Khulasoh Nurul Yaqin
Pokok Bahasan                       : Silsilah Bani Umaiyah
Kelas/Semester                        : VIII/II
Tahun Pembelajaran                : 2013-2014
Nomor
Bulan
Jumlah Pekan
1
2
3
4
5
6
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni

4
4
5
4
4
5

Jumlah
26
1. Jumlah pekan tidak efektif
 Awal semester                        :  -                   
 Ujian semester                        :  5
            Jumlah                         :  5
2. Jumlah pekan yang efektif  :  26 pekan – 5 pekan : 21 pekan
3. Jumlah jam pelajaran : 21 x 1 jam : 21 jam

semester
No
Kompetensi Dasar
Waktu
Keterangan










II
1

2

3

4




5
6
7
8
9
Menjelaskan pengertian dari Tarikh Islam
Menjelaskan tujuan dan manfaat  mempelajari Tarikh Islam
Mengidentifikasi bentuk /wujud kebudayaan Islam
Mendiskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian , kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
Mengambil ibrah dari misi Nabi ..
Meneladani Perjuangan Nabi ........
Mendiskripsikan sejarh Nabi.....
Mengambil Ibrah..........
Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat Nabi di Madinah
2 jam

2 Jam

2 Jam

2 Jam




2 Jam
2 Jam
2 Jam
2 Jam
2 Jam
5 Indikator


Jumlah KD : 9
18 jam



    Kepala Sekolah                                                            Guru bidang studi



Drs. Junaedi Abdul Jalal                                              Amrin Habibi Harahap
PROGRAM SEMESTER I
Mata Pelajaran                        : Sejarah Kebudayaan Islam
Pokok Bahasan                       : Sirah Nabi Muhammad SAW
Kelas/Semester                        : VIII/I
Tahun Pembelajaran                : 2013-2014
No      
Bulan
Pekan
1
2
3
4
5
6
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
4
4
5
4
4
5


26 pekan

1 Jumlah Pekan yang tidak efektif
   - awal tahun                                     : 5
   - Ulangan semester               : 5
                          __________________
                   Jumlah                  : 10
2. Jumlah pekan yang efektif : 26 pekan – 10 pekan : 16 pekan
3. Jumlah jam pelajaran           : 16 pekan x 1 jam : 16 jam
Semester
No.
Kompetensi Dasar
Waktu
Keterangan










I

1

2

3

4




5

6

7
Menjelaskan pengertian Tarikh Islam
Menjelaskan tujuan dan manfaat  mempelajari Tarikh Islam
Mengidentifikasi bentuk /wujud dari Kehidupan Rasul
Mendiskripsikan kehidupan Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian , kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
Mendiskripsikan keturunan Nabi Muhammad
Menelaah Pendidikan Nabi dari masa kecil
Mendistkripsikan sejarah perjalanan Nabi

8 indikator


Jumlah KD : 7



0 komentar:

Posting Komentar